Pemakaian When dan While: Definisi dan Contohnya

parekampunginggris.org (Pemakaian When dan While) – Dalam Bahasa Inggris, terdapat beberapa kosakata yang memiliki makna yang sama. Meskipun maknanya sama, tetapi terkadang kosakata tersebut tidak dapat digunakan dengan cara yang sama. Dalam artian, penggunaannya berbeda disesuaikan dengan isi dalam kalimat. Terdapat beberapa kondisi dan syarat yang membedakan kosakata tersebut.

Pemakaian When dan While

Salah satu kosakata Bahasa Inggris yang memiliki makna sama yaitu when dan while. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas pemakaian when dan while secara lengkap. Simak ya!

Definisi Pemakaian When dan While

Kedua kosa kata dalam Bahasa Inggris ini yaitu when dan while memiliki makna untuk menjabarkan waktu atau memiliki arti ‘ketika’. Namun, dalam pengaplikasiannya di dalam konteks yang berbeda. Secara singkat, when digunakan untuk menunjukkan suatu waktu tertentu dengan urutan kronologis yang tidak didisrupsi oleh kegiatan atau tindakan lainnya. Sedangan while digunakan untuk mendeskripsikan suatu peristiwa atau tindakan yang terjadi di waktu yang bersamaan dengan periode atau rentang waktu tertentu.

When dan while dapat digunakan dalam waktu yang bersamaan dengan catatan bahwa aksi atau kejadian yang terjadi tersebut memiliki jangka waktu yang sebentar.

Contoh:

  1. While I was cooking dinner, my phone rang when my friend called. (Ketika saya sedang memasak makan malam, ponsel saya berdering ketika teman saya menelepon.)
  2. When I was reading a book, my cat jumped onto the table while I wasn’t looking. (Ketika saya sedang membaca buku, kucing saya melompat ke atas meja saat saya tidak memperhatikan.)
  3. While I was driving to work, I realized I had left my phone at home when my colleague called to inform me. (Saat saya sedang mengemudi ke tempat kerja, saya menyadari saya meninggalkan ponsel saya di rumah ketika rekan kerja saya menelepon untuk memberi tahu saya.)

Pemakaian When

When yang merupakan kata hubung dalam Bahasa Inggris memiliki posisi yang fleksibel, dalam artian dapat ditempatkan tidak hanya berada di awal kalimat saja. Biasanya, kata hubung when jika diletakkan pada kalimat depan, maka akan dipisahkan oleh tanda koma.

Contoh:

When she was 30, she started her own business. (Ketika dia berusia 30 tahun, dia memulai bisnis sendiri.)

When sendiri merupakan kata hubung untuk dua kejadian yang selesai dilakukan dalam jangka waktu yang bersamaan. Selain itu, juga digunakan untuk kejadian di masa lampai dengan durasi panjang dan untuk menggambarkan usia.

Contoh:

Sebagai kata hubung untuk dua kejadian:

  1. I was studying for my exam when the power went out. (Saya sedang belajar untuk ujian ketika listrik padam.)
  2. She was cooking dinner when the phone rang. (Dia sedang memasak makan malam ketika telepon berdering.)
  3. They were playing in the park when it started to rain. (Mereka sedang bermain di taman ketika hujan mulai turun.)

Kejadian di masa lampau:

  1. When I was a child, I used to play in the park every day. (Ketika saya masih kecil, saya dulu bermain di taman setiap hari.)
  2. He cried when he watched the sad movie. (Dia menangis ketika menonton film sedih.)
  3. When they met, it was love at first sight. (Ketika mereka bertemu, itu adalah cinta pada pandangan pertama.)

Menyatakan usia:

  1. She got her driver’s license when she turned 16. (Dia mendapatkan SIM ketika berusia 16 tahun.)
  2. When I was 25, I traveled around Europe for six months. (Ketika saya berusia 25 tahun, saya melakukan perjalanan keliling Eropa selama enam bulan.)
  3. He graduated from college when he was 22. (Dia lulus dari perguruan tinggi ketika berusia 22 tahun.)

Pemakaian While

While merupakan kata hubung untuk aksi yang berkelanjutan yang terjadi dalam waktu yang bersamaan. Penggunaan while biasanya berada di tengah kalimat dengan konteks keberlangsungan sebuah peristiwa. Kata kerja yang berada di kalimat diurutkan untuk keberlangsungan suatu peristiwa. Pemakaian while digunakan untuk menjelaskan sebuah kalimat dengan konteks peristiwa yang telah terjadi atau sedang terjadi dan berlangsung pada suatu rentang waktu tertentu. Serta pemakaian while dapat digunakan untuk menjelaskan sebuah peristiwa atau tindakan yang telah terjadi dalam kurun waktu yang lama.

Contoh:

Menjelaskan dua aksi dalam waktu bersamaan:

  1. While I was cooking dinner, my children were doing their homework. (Ketika saya memasak makan malam, anak-anak saya sedang mengerjakan PR mereka.)
  2. He texted his friend while waiting for the bus. (Dia mengirim pesan kepada temannya sambil menunggu bis.)
  3. While they were hiking in the mountains, they spotted a beautiful waterfall. (Saat mereka sedang mendaki di pegunungan, mereka melihat air terjun yang indah.)

Menjelaskan peristiwa yang terjadi ketika peristiwa lainnya juga terjadi:

  1. While I was studying for my exam, my neighbor was playing loud music, making it hard to concentrate. (Saat saya sedang belajar untuk ujian, tetangga saya sedang memutar musik keras, sehingga sulit untuk berkonsentrasi.)
  2. While I was giving a presentation at the meeting, the fire alarm went off, causing a disruption. (Ketika saya sedang memberikan presentasi dalam rapat, alarm kebakaran berbunyi, menyebabkan gangguan.)
  3. While they were having a romantic dinner, their child kept interrupting with questions and requests. (Saat mereka sedang makan malam romantis, anak mereka terus mengganggu dengan pertanyaan dan permintaan.)

Perbedaan dan Persamaan Pemakaian When dan While

Setelah mengerti mengenai definisi dari pemakaian when dan while yang memiliki makna sama, namun memiliki perbedaan dalam konteks penggunaannya. Kedua kata hubung ini memiliki persamaan dan perbedaan pada penggunaannya dalam kalimat. Berikut ini persamaan dan perbedaannya:

Persamaan Pemakaian When dan While

  • Kata hubung ini dapat digunakan atau diletakkan di bagian kalimat mana saja, entah di depan, di tengah ataupun di akhir kalimat.
  • Kedua kata hubung ini memiliki makna yang sama yaitu untuk menunjukkan konteks waktu.
  • When dan while dapat digunakan untuk menjabarkan konteks sebuah peristiwa yang kejadiannya bersamaa dengan peristiwa lain atau terganggu oleh peristiwa lain.

Perbedaan Pemakaian When dan While

When: Digunakan untuk menjelaskan sebuah peristiwa atau tindakan yang telah atau sedang terjadi dalam waktu yang singkat.

While: Untuk menjelaskan sebuah peristiwa atau tindakan yang terjadi dalam kurun waktu yang relative panjang.

Nah, itu dia penjelasan mengenai pemakaian when dan while yang dapat kamu pelajari agar tidak salah lagi dalam konteks penggunaannya ya peeps! Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami Bahasa Inggris.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *