Beasiswa Universitas Terbaik Jepang

Beasiswa Universitas Terbaik Jepang

parekampunginggris.org (Beasiswa Universitas Terbaik Jepang Pembiayaan Full) – Jepang merupakan negara dengan tingkat pendidikan yang sangat maju. Banyak teknologi-teknologi berkembang di negara yang tidak melupakan kebudayaan tradisionalnya meskipun sudah dikategorikan sebagai negara maju ini. Tingkat kedisiplinan masyarakat Jepang juga sangat tinggi masyarakatnya memiliki semangat kerja yang tidak bisa dikalahkan oleh negara-negara lain di Asia. Untuk kamu yang tertarik melanjutkan studi melalui beasiswa ke Universitas terbaik Jepang berikut beberapa daftar beasiswa Universitas terbaik Jepang yang memberikan pembiayaan full yang harus kamu ketahui.

5 Program Beasiswa dari Universitas Terbaik di Jepang dengan Pembiayaan Full

1. Monbugakusho Scholarship (MEXT)

Beasiswa Universitas Terbaik Jepang

Beasiswa Monbukagakusho atau lebih dikenal dengan MEXT Gakubu merupakan beasiswa ini dikelola oleh  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT). Jenis beasiswa ini bukan merupakan jenis beasiswa ikatan dinas, namun beasiswa ini tetap menyediakan dana tidak hanya untuk biaya kuliah penerima, tetapi juga untuk biaya hidup.

Program studi yang ditawarkan beragam dan beragam mulai dari Pendidikan, Diploma, Sarjana hingga Pascasarjana. Kedutaan besar Jepang dan konsulatnya di beberapa kota di Indonesia setiap tahun mengadakan screening bagi mahasiswa penerima beasiswa pemerintah Jepang. Program untuk mahasiswa internasional dari Indonesia dan negara lain meliputi program mahasiswa penelitian untuk lulusan universitas, program sarjana/perguruan tinggi teknologi/sekolah kejuruan untuk lulusan SMA, dan program studi Jepang dan pelatihan guru untuk siswa Jepang. Bagi mereka yang berprofesi sebagai guru.

2. Mitsui Bussan Scholarship

Yang kedua adalah Beasiswa Mitsui Bussan Scholarship. Program beasiswa ini didanai oleh Mitsui Bussan Scholarship. Beasiswa ini serupa dengan Beasiswa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi, adanya program ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa internasional untuk melanjutkan studinya di Jepang.

Siswa internasional yang ingin belajar di luar negeri memiliki banyak pilihan bidang. Beberapa jurusan tersebut adalah: Matematika, Fisika, Kimia, Informasi dan Sains, Biologi, Biofisika dan Biokimia, Geologi, dan banyak jurusan lainnya diajarkan dalam program beasiswa ini. Namun, jurusan yang berhubungan dengan kesehatan bukanlah jenis jurusan yang termasuk dalam program beasiswa ini.

Ada biaya transportasi PP ke Jepang dan tunjangan bulanan untuk sekolah bahasa. Total durasi beasiswa adalah 5,5 tahun (1,5 tahun untuk sekolah bahasa + 4 tahun untuk studi dasar). Pada prinsipnya, Mitsui & Co. Fellows menjalani program pengenalan bahasa Jepang selama dua bulan di Indonesia sebelum keberangkatan.

3. Beasiswa Pascasarjana Ajinomoto

Beasiswa Universitas Terbaik Jepang

Kita semua mungkin sudah tidak asing lagi dengan merek rempah yang satu ini. Ajinomoto memang merek rasa yang disebut Misshin. Jadi siapa pun yang mengatakan mereka mengolok-olok Micin adalah bukti bahwa Micin sebenarnya memiliki program beasiswa pendidikan. Beasiswa Ajinomoto terbuka untuk siswa yang mengejar gelar master dan sains di Jepang.

Beasiswa Ajinomoto diberikan oleh Ajinomoto Foundation kepada mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di universitas-universitas Jepang. Beasiswa Ajinomoto bekerja sama dengan tujuh Universitas Tokyo, Universitas Kyoto, Universitas Nagoya, Institut Teknologi Tokyo, Universitas Ochanomizu, Universitas Waseda, dan Universitas Nutrisi Kagawa merupakan universitas yang telah bermitra dengan Beasiswa Ajinomoto.

Beasiswa Ajinomoto fokus pada jurusan biologi, ilmu kimia, teknologi, nutrisi dan kesehatan masyarakat. Cakupan beasiswa Ajinomoto selain pembiayaan untuk kebutuhan kuliah juga akan membiayai kebutuhan hidup bulanan dengan nominal kurang lebih 150.000 yen untuk mahasiswa pascasarjana dan 180.000 yen untuk mahasiswa doktoral.

4. Beasiswa Asian Development Bank Jepang

Beasiswa Universitas Terbaik Jepang

Beasiswa ADB-JSP merupakan program beasiswa berasal dari Asian Development Bank Japan Scholarships. Negara tempat mahasiswa dapat mendaftar dalam program beasiswa ini adalah negara-negara peminjam ADB yang membutuhkan individu-individu berbakat yang harus belajar di bidang bisnis, manajemen, ilmu pengetahuan dan teknologi di Jepang.

Beasiswa Bank Pembangunan Asia ini merupakan jenis beasiswa yang didanai penuh. Jadi, selain mendanai kebutuhan kuliahmu, pendanaan bulanan juga ditanggung oleh beasiswa ini, dan kebutuhan perumahan, uang saku, dan biaya buku juga termasuk dalam pendanaan, bahkan satu tahun asuransi kesehatan dan biaya mobilisasi.Sebagai syarat untuk mendaftar beasiswa ini membutuhkan dua tahun pengalaman kerja. Dengan kata lain, beasiswa ini bukan untuk lulusan baru. Fokus jurusan beasiswa ADB-JSP berfokus pada jurusan bisnis, teknik, pendidikan, dan banyak lagi. Awal mula beasiswa ini biasanya dimulai pada bulan Februari setiap tahun untuk masuk tahun berikutnya.

5. Beasiswa LPDP

Beasiswa Hunter pasti sudah tidak asing lagi dengan program beasiswa yang satu ini. Beasiswa LPDP adalah sejenis Beasiswa Dalam Negeri yang diperoleh dari Pemerintah Indonesia yang menyediakan dana yang diperlukan selama pendidikan di jenjang S2 dan S3, yang dapat kamu gunakan untuk mencari pendanaan universitas dalam dan luar negeri.

LPDP sendiri terbagi dalam enam kategori beasiswa: Beasiswa Reguler, Beasiswa Skripsi, Beasiswa Profesi, Beasiswa Permulaan, Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia, dan Program Co-Funded. Program Beasiswa LPDP menyediakan dana bagi mereka yang belajar tidak hanya di Jepang, tetapi juga di beberapa negara lain.

Beasiswa LPDP adalah Beasiswa Pemerintah Indonesia bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di universitas dalam atau luar negeri. Untungnya, banyak lembaga pendidikan di Jepang juga menyediakan beasiswa LPDP. Tiga program ditawarkan setiap tahun. Skema Beasiswa Umum (Umum), Skema Beasiswa Organisasi Sasaran, Skema Beasiswa Tetap.

Cakupan beasiswa LPDP meliputi biaya pendaftaran, biaya kuliah, tunjangan buku (10 juta rupiah), biaya penelitian (30 juta hingga 50 juta rupiah), biaya seminar internasional (5 juta hingga 15 juta rupiah), biaya publikasi jurnal internasional (15 juta rupiah) sampai dengan 25 juta rupiah), biaya transportasi, biaya aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan (11,5-36,1 juta rupiah), tunjangan biaya hidup keluarga khusus untuk mahasiswa doktoral.

Itu tadi beberapa beasiswa Universitas terbaik Jepang yang memberikan pembiayaan full yang harus kamu ketahui. Biaya yang akan diberikan oleh beasiswa ini selain biaya perkuliahan juga akan memberikan pembiayaan lain, seperti biaya hidup hingga biaya akomodasi-akomodasi lain yang dibutuhkan mahasiswa saat proses penyelesaian studinya. Jadi tunggu apalagi selagi masih sempat kejarlah mimpimu untuk lanjut kuliah ke salah satu negara paling maju di Asia ini.

Informasi pendaftaran kursus bahasa Inggris terbaik di Kampung Inggris mulai dari basic hingga persiapan TOEFL atau IELTS untuk study aboard, Klik disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *